Kuliner Khas Jawa Barat

Ngomongin soal kuliner, siapa sih yang tak ingin mencicipi kuliner-kuliner nusantara.. Indonesia memang kaya akan ragam budaya, salah satunya kuliner..  Pada artikel ini saya akan membahas tentang kuliner-kuliner khas jawa barat.

1. Peyeum Bandung

Pembuatan tapai melibatkan umbi singkong sebagai substrat dan ragi tapai (Saccharomyces cerevisiae) yang dibalurkan pada umbi yang telah dikupas kulitnya. Ada dua teknik pembuatan yang menghasilkan tapai biasa, yang basah dan lunak, dan tapai kering, yang lebih legit dan dapat digantung tanpa mengalami kerusakan. Tapai kering populer di daerah Priangan utara (Purwakarta dan Subang), dan dikenal sebagai buah tangan khas dari daerah ini (dikenal sebagai peuyeum gantung, karena diperdagangkan dengan digantung.)

2. Es Lilin Khas Bandung 


Es yang dikenal memiliki aneka rasa dan warna ini, sudah cukup lama terkenal di negeri ini, entah sejak tahun berapa es ini mulai ada, namun yang pasti makanan yang satu ini masih tetap eksis hingga kini. Es ini dibalut dengan plastik melonjong dengan panjang sekitar 5 cm, yang menarik adalah rasa yang dihasilkan es ini cukup bervariasi, mulai dari rasa cokelat, strawberry, bahkan sampai rasa kacang ijo.

3. Batagor 



Batagor (akronim dari bakso tahu goreng) adalah makanan tradisional khas Jawa Barat yang dibuat dari tahu berbalut tepung lalu digoreng. 

4. Kue Mochi Khas Sukabumi 

Di Sukabumi sendiri, kue mochi yang terkenal adalah kue mochi yang dibuat di Jalan Otista No.39. Kue mochi ini bentuknya bulat, bertabur tepung sagu, dan terasa kenyal. Jika digigit, rasa manisnya akan terasa.

5. Tahu Sumedang

Tahu Sumedang ini dibuat dari kacang kedelai asli yang diolah dengan cara tradisional, tanpa sentuhan bahan pengawet. Karena itu, rasanya mudah berubah dalam beberapa jam setelah dibeli. Rasa gurih pada tahu bisa berubah menjadi asam, dan kulitnya yang tadinya garing, menjadi liat.

6. Tutug Oncom Khas Tasik

 Nasi Tutug Oncom atau Sangu Tutug Oncom dalam Bahasa Sunda sering disingkat Nasi T.O adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Penyajian makanan ini umumnya dalam keadaan hangat.

7. Dodol Garut

Dodol Garut merupakan makanan khas Sunda dari kota Garut provinsi Jawa Barat. Terdapat banyak jenis dari dodol Garut ini, diantaranya adalah dodol wijen, dodol nanas, dodol tomat, dodol durian, dodol coklat, yang paling terkenal adalah dodol picnic dan chocodot dan masih banyak lagi jenis-jenisnya. Dodol ini termasuk kepada makanan camilan karena rasanya yang manis.

8. Bajigur

Bajigur adalah minuman hangat khas dari  masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia.Minuman yang satu ini terdiri dari gula aren, dan santan sebagai bahan utamanya.Namun dalam penyajiannya agar lebih nikmat rasanya bisa dicampurkan dengan sedikit jahe, garam dan bubuk vanili.
Bajigur paling cocok diminum pada saat cuaca dingin dan basah sehabis hujan. Makanan yang sering dihidangkan bersama bajigur adalah pisang rebus, ubi rebus, atau kacang rebus.
9. Es Oyen
Salah satu es campur yang terkenal di kota Bandung. Ciri khas sederhana dari es ini adalah identik dengan menggunakan bahan aplukat, kelapa muda, buah nangka dan pacar cina, bahkan terkadang ditambahkan kombinasi bahan lainnya untuk lebih menggugah selera.

10. Nasi Lengko


Nasi lengko ini sangat populer dan dapat ditemukan di berbagai tempat di Kota Cirebon. Bahan-bahan makanan ini cukup sederhana, seperti nasi putih, tahu, tempe, mentimun, taoge, dan daun kucai (seledri) yang kemudian ditaburi bawang goreng serta disiram bumbu kacang dan kecap. Lebih enak lagi jika ditemani kerupuk dan emping.
Sebenarnya masih banyak kuliner-kuliner khas Jawa Barat. Sekian dari saya, semoga dapat memberi manfaat.




Kuliner Khas Jawa Barat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maulana Blog

No comments: